Gol bunuh diri Mandzukic disebut tidak sah, ini alasannya

Gol bunuh diri Mandzukic disebut tidak sah, ini alasannya

Gol bunuh diri Mandzukic disebut tidak sah, ini alasannya

janis-kelly.com - Partai final Piala Dunia 2018 mempertemukan Timnas Prancis melawan Kroasia. Dalam laga yang berlangung di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) malam in, Prancis berhasil keluar sebagai juara. Les Bleus sukses menekuk Kroasia dengan skor fantastis 4-2. Mendominasi jalannya pertandingan, Kroasia tak mampu membendung serangan balik efektif yang dilakukan oleh Prancis.

Bertabur gol, laga krusial ini berlangsung penuh drama. Gol pembuka untuk Prancis dihasilkan dari gol bunuh diri Mario Mandzukic pada menit ke-18. Gol ini sekaligus menjadi catatan buruk gelandang Juventus tersebut di Piala Dunia kali ini. Diawali dari tendangan bebas Antoine Griezmann, Mandzukic tak sengaja menyundul bola tersebut dan justru mengarah ke gawang Kroasia yang dijaga oleh Danijel Subasic.

Meskipun disahkan oleh wasit, gol tersebut dianggap tidak sah oleh beberapa pihak. Pasalnya, beberapa orang berhasil menangkap keanehan di lapangan saat Griezmann melakukan sepakan bebas di depan kotak penalti Kroasia. Hal tersebut dapat terlihat dari gambar berikut yang brilio.net kutip dari akun Twitter @TransferLIVE, Senin (16/7).

EXTRA BALL???? ON GRIEZMANNS FREE KICK?! #extraball #WorldCupFinal pic.twitter.com/Rmk63GYamF

— Transfer News Live (@TransfersLlVE) July 15, 2018

Dalam foto hasil tangkapan kamera penonton, tampak sebuah bola di sisi pojok lapangan Kroasia. Kehadiran bola kedua di lapangan dapat membuat gol tersebut menjadi tidak sah. Bola tersebut seharusnya disingkirkan dari lapangan, sebelum Griezmann mengeksekusi tendangan bebas yang berujung gol bunuh diri pemain Kroasia. Kejadian ini baru diketahui usai pertandingan, sehingga wasit tetap mengesahkan gol tersebut untuk Prancis.

Gol kedua Prancis pun masih melibatkan kesalahan pemain Kroasia, di mana Ivan Perisic melakukan handsball yang berbuah penalti untuk Les Bleus. Meskipun begitu, skuad Prancis tampil baik dengan melesakkan dua gol melalui sepakan Paul Pogba dan Kylian Mbappe di menit ke-59 dan menit ke-65. Prancis keluar sebagai juara dunia setelah terakhir kali merengkuh gelar tersebut pada tahun 1998.