Kenalkan Sean Nicholas, pemain klarinet muda pertama asal Indonesia

Kenalkan Sean Nicholas, pemain klarinet muda pertama asal Indonesia

Kenalkan Sean Nicholas, pemain klarinet muda pertama asal Indonesia

janis-kelly.com - Masa kecil merupakan waktu yang tepat untuk mengenali bakat sang anak. Tak heran banyak orangtua yang rela mengeluarkan biaya besar untuk bisa memasukan sang anak untuk les musik. Pada umumnya, orangtua mengarahkan anak mereka les musik seperti piano, drum, gitar, biola, atau les vokal.

Berbeda dengan halnya bocah cilik yang satu ini. Kalau biasanya bocah seusianya memainkan alat musik yang lazim dimainkan oleh anak-anak, Sean Nicholas Alexander justru memainkan alat musik yang berbeda, yakni klarinet.

Ya, alat musik keluaran Eropa ini memang masih asing di telinga masyarakat, bahkan banyak masyarakat yang belum mengetahui alat musik tersebut. Namun, sejak usianya 8 tahun, Sean diperkenalkan alat musik tersebut. Alhasil hingga saat ini ia memiliki bakat yang luar biasa dalam bermain musik klarinet.

Kepiawaian Sean bermula karena sering melihat sang ayah bermain klarinet. Bambang Witono merupakan pemain klarinet berbakat. Ia pernah memiliki pengalaman bermain di Sean Youth Symphonic Orchestra pada 1992 lalu untuk mewakili Indonesia.

Bahkan saat ini ia sudah sering mengisi acara musik berskala internasional. Sean mengaku bermain alat musik ini sejak usianya 8 tahun.

"Awalnya aku main klarinet karena sering lihat papa. Terus coba-coba main dan aku suka sampai sekarang," katanya saat ditemui brilio.net di Kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (18/8).

Rupanya, hobinya ini tak hanya sekedar bermain asal saja, Sean mengaku setiap hari selalu berlatih untuk semakin mempertajam bakatnya.

"Biasanya latihan 1 sampai 1,5 jam setiap hari. Aku latihan kadang diajarin Papa, dulu Papa juga sebagai pemain klarinet. Tapi untuk latihan rutinnya biasanya aku ada guru les namanya Nino Ariwijaya. Beliau salah satu pemain klarinet dengan aliran klasik murni," jelasnya.

Prestasinya di dunia musik klarinet memang sudah tidak diragukan lagi. Ia sempat tampil di beberapa acara besar seperti Indonesia Orchestra and Ensemble Festival dan mewakili Indonesia di ajang Asean Youth Symphonic Orchestra berkolaborasi dengan orkestra kondang Addie MS.

Bahkan, pada Oktober 2017 mendatang, siswa kelas 1 SMP ini akan semakin menunjukkan kebolehannya dalam bermain klarinet di acara bergengsi Clarinet Recital di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.