4 Kelompok suporter tim Liga 1 & 2 ini pungut sampah usai laga, salut

4 Kelompok suporter tim Liga 1 & 2 ini pungut sampah usai laga, salut

4 Kelompok suporter tim Liga 1 & 2 ini pungut sampah usai laga, salut

janis-kelly.com - Warga dunia sempat dihebohkan oleh budaya bersih-bersih orang Jepang yang hadir di Piala Dunia Rusia. Suporter Jepang beberapa kali terlihat melakukan aksi bersih-bersih sampah di tribun yang mereka duduki. Sementara pemain dan staff Samurai Biru juga terciduk membersihkan ruang ganti pemain usai tersingkir dari Piala Dunia.

Tampaknya efek positif budaya bersih-bersih tersebut menular sampai ke Indonesia. Beberapa kelompok suporter tim Liga 1 mulai menggalakkan aksi bersih-bersih tribun setelah pertandingan selesai.

Tentu saja ini menjadi angin segar bagi suporter Indonesia. Sebab, selama ini beberapa para pendukung fanatik klub banyak diidentikkan dengan kerusuhan. Nggak gitu kok, mereka juga punya aksi positif yang patut dibanggakan.

Sejauh ini ada empat kelompok suporter yang aksi bersih-bersihnya viral di media sosial. Penasaran siapa saja? Berikut ini deretannya seperti brilio.net himpun dari berbagai akun Twitter pada Senin (9/7).

1. Suporter PSIS Semarang.

Budayakanpic.twitter.com/vTkJts8Liu

— #JanganJadiKUNCEN (@ForzaPSIS) July 8, 2018

PSIS Semarang menjalani laga berat dengan menghadapi tuan rumah Persib Bandung, Minggu (8/7). Jarak antara Semarang dengan Bandung yang bisa dengan mudah ditempuh menggunakan berbagai transportasi umum tentu membuat suporter PSIS, Panser Biru dan Snex Mania, berbondong memadati Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Meski harus takluk dengan skor 0-1, nyatanya suporter PSIS tetap bersikap sportif. Nggak pakai rusuh, mereka malah melakukan aksi bersih-bersih sampah usai pertandingan tersebut. Top!

2. Suporter Semen Padang.

foto: Twitter/@infoSumbar

Meski musim ini harus bermain di Liga 2, tak ada penurunan kualitas dari tim Semen Padang. Pada Minggu kemarin, (8/7), tim berjuluk Kabau Sirah ini berhasil mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-2 di Stadion Haji Agus Salim, Padang.

Suporter mereka pun melakukan aksi yang bikin salut. Menurut unggahan akun Twitter @infoSumbar, para suporter ini tak meninggalkan jejak sampah di tribun. Mereka dengan mandiri membuang sampah ke tempat yang disediakan.

 

3. Suporter & panitia pelaksana pertandingan Persib Bandung.

Hayu, besok, usai pertandingan mari bergabung dalam #BobotohBebersih GBLA dengan memungut sampah ke trash bag yang disediakan panpel.#JagaImah #AyoBangunPERSIB pic.twitter.com/sv7yclsEM6

— PERSIB (@persib) July 7, 2018

Selain suporter yang berinisiatif untuk melakukan aksi ini. Ternyata panpel Persib Bandung pun ikut mengajak para penonton untuk menjaga kebersihan di stadion. Lewat video singkat yang diunggah di akun official klub, panpel Persib menyediakan beberapa buah trash bag yang ditaruh di beberapa sudut tribun stadion. Hal itu memudahkan para penonton untuk mengumpulkan sampah seusai laga.

 

4. Suporter Bali United

foto: Twitter/@Persela_LAmania

Ternyata jauh sebelum aksi viral suporter Jepang di Piala Dunia, suporter Bali United pernah melakukannya juga. Tepatnya seusai pertandingan melawan Persela Lamongan pada April silam, Semeton Dewata, julukan suporter Bali United, juga melakukan aksi bersih-bersih tribun. Padahal saat itu mereka sedang away ke Stadion Surajaya, Lamongan lho. Respect!